Tesis

Kesahihan dan Keandalan Mini Nutritional Assessment Short Form (Mna-Sf) Berbahasa Indonesia untuk Menapis Status Gizi pada Lansia di Komunitas = Validity and Reliability of Indonesian Mini Nutritional Assessment Short Form (Mna- Sf) to Screen Nutritional Status in Comminuty Dwelling Elderly .

Latar Belakang. Lansia merupakan kelompok yang berisiko tinggi untuk terjadinya malnutrisi. Selain merupakan akibat dari penyakit yang diderita, malnutrisi pada lansia juga menjadi penyebab tingginya angka kesakitan pada lansia. Mengingat hal tersebut diperlukan suatu instrumen yang sahih dan dapat diandalkan untuk menilai status gizi lansia yang tinggal di komunitas. Tujuan. Mendapatkan kuesioner MNA-SF berbahasa Indonesia yang sahih dan andal untuk digunakan oleh kader posbindu untuk menapis status gizi lansia di komunitas. Metodologi. Responden berusia ≥60 tahun yang datang ke posbindu menjalani wawancara oleh ahli gizi dan kader posbindu. Wawancara ulang oleh kader posbindu dilakukan satu sampai dua minggu kemudian. Selanjutnya dihitung korelasi antara skor total MNA dengan MNA-SF, skor total MNA-SF pemeriksaan pertama dan kedua, ICC (intraclass correlation coefficient) MNA-SF hasil penilaian ahli gizi dan penilaian kader serta cronbach’α MNA-SF. Hasil. Penelitian diikuti oleh 92 responden dengan median usia 67 tahun. Korelasi sedang didapatkan antara skor total MNA-SF IMT (indeks massa tubuh) penilaian kader dengan skor total MNA (r=0,491;p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Afiyah - Nama Orang
Purwita Wijaya Laksmi - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang
Sukamto Koesnoe - Nama Orang

No. Panggil
T17284fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xxi, 93 hlm., 14cm x 20cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17284fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17284FKT17284fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kesahihan dan Keandalan Mini Nutritional Assessment Short Form (Mna-Sf) Berbahasa Indonesia untuk Menapis Status Gizi pada Lansia di Komunitas  = Validity and Reliability of Indonesian Mini Nutritional Assessment Short Form (Mna- Sf) to Screen Nutritional Status in Comminuty Dwelling Elderly .

Related Collection